Sabtu, 19 Oktober 2013

Daftar Nama-Nama Penemu di Dunia Ilmuwan Penemu Komputer

Daftar Nama-Nama Penemu di Dunia Di bawah ini adalah blogger bugis akan berbagi informasi mengenai daftar nama-nama penemu beserta penemuannya yang terkenal di dunia dan sampai sekarang masik kita pergunakan

Penemu di Dunia Ilmuwan Penemu Komputer
Penemu di Dunia Ilmuwan Penemu Komputer

Nama-Nama Penemu di Dunia

  1. Penemu Balon karet Adalah Josep dan J. Montgolfier
  2. Penemu Ban karet Adalah Charles Goodyear
  3. Penemu Barometer Adalah Evangelista, Torricelli
  4. Penemu Dinamit Adalah Alfred Nobel
  5. Penemu Lensa kaca mata Adalah Benyamin Franklin
  6. Penemu Mesin hitung Adalah Blaise Pascal
  7. Penemu Mobil Adalah Gottlich Daimler
  8. Penemu Motor Adalah Nikola Tesla
  9. Penemu Tank Adalah Sir Ernest Swinton
  10. Penemu Traktor Adalah Benyamin Holt
  11. Penemu Tangga jalan Adalah Elis G. Otis
  12. Penemu Kawat pijar Adalah Irving Langmuir
  13. Penemu Mesin uap Adalah James Watt
  14. Penemu Mesin 4 tak Adalah Nicolaus Otto
  15. Penemu Mesin diesel Adalah Rudolf Diesel
  16. Penemu Mesin cetak Adalah Johannes Guttenberg
  17. Penemu Mesin ketik Adalah Christopher Sholes
  18. Penemu Radio Adalah C. Marconi Berasal
  19. Penemu Televisi Adalah J.L. Baird dan C.F. Jenkins
  20. Penemu Telegrap Adalah Samuel F.B. Morse
  21. Penemu Telepon Adalah Alexander Graham Bell
  22. Penemu Dinamo Adalah Michael Faraday
  23. Penemu Elektromagnet Adalah Williarn Sturgeon
  24. Penemu Bola lampu Adalah Thomas Alva Edison
  25. Penemu Proyektor film Adalah Thomas Alva Edison
  26. Penemu Piringan hitam Adalah Alexander Graham Bell
  27. Penemu Batu baterai Adalah Volta
  28. Penemu Termometer Adalahhi Galileo Galilei
  29. Penemu Korek api Adalah Robert Boyle, John Walker
  30. Penemu Kapal api Adalah Robert Fulton
  31. Penemu Kapal selam Adalah Cornelius van Drebbel
  32. Penemu Sinar Rontgen Adalah Wilhelm Conrad Rontgen
  33. Penemu Stetoskop Adalah Rene Laennec
  34. Penemu Lensa Adalah Anthony Van Leuwenhook
  35. Penemu Mikroskop Adalah Zacharias Janssen
  36. Penemu Teleskop Adalah H. Lippershey
  37. Penemu Kamera Adalah Louis Jacques Monde da Guerre & Edwin Land
  38. Penemu Pesawat terbang Adalah Wilbur dan 0. Wright
  39. Penemu Kereta api Adalah Murdocks
  40. Penemu Sepeda Adalah Civrac
  41. Penemu Balon terbang Adalah Sir F. Wttle

Nama-nama Ilmuwan Penemu Komputer

Komputer, Charles babbage, elektronikCharles Babbage merupakan salah seorang ilmuwan di dunia yang tercatat sebagai penemu Komputer Pertama, yang telah banyak memberikan karyanya pada kehidupan manusia, khususnya bidang komputer. Mesin penghitung (Difference Engine no.1) yang ditemukan oleh Charles Babbage (1791-1871) adalah salah satu icon yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama. Babbage juga terkenal dengan julukan bapak komputer. The Charles Babbage Foundation memakai namanya untuk menghargai kontribusinya terhadap dunia komputer.
Charles Babbage lahir di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Southwark, London, 26 Desember 1791, anak dari Benjamin Babbage, seorang Banker. Kelebihannya dalam matematika sangat menonjol. Saat memasuki Trinity College di Cambridge tahun 1811, dia mendapati bahwa kemampuan matematikanya jauh lebih baik, bahkan daripada tutornya sendiri.

Di usia 20 tahunan Babbage bekerja sebagai seorang ahli matematika terutama dibidang fungsi kalkulus. Tahun 1816, dia terpilih sebagai anggota "Royal Society" (organisasi sains dan akademis independen Inggris Raya, masih aktif hingga kini) dan memainkan peran penting di yayasan "Astronomical Society" (organisasi Astronomi dan geofisika Inggris raya, masih aktif hingga kini) pada tahun 1820. Pada masa ini Babbage mulai tertarik pada mesin hitung, yang berlanjut hingga akhir hayatnya.

Tahun 1821 Babbage menciptakan Difference Engine, sebuah mesin yang dapat menyusun Tabel Matematika. Saat melengkapi mesin tersebut di tahun 1832, Babbage mendapatkan ide tentang mesin yang lebih baik, yang akan mampu menyelesaikan tidak hanya satu jenis namun berbagai jenis operasi aritmatika. Mesin ini dinamakan Analytical Engine (1856), yang dimaksudkan sebagai mesin pemanipulasi simbol umum, serta mempunyai beberapa karakteristik dari komputer modern. Diantaranya adalah penggunaan punched card, sebuah unit memori untuk memasukkan angka, dan berbagai elemen dasar komputer lainnya.

Karya Babbage kurang begitu terkenal sampai suatu saat dia bertemu dengan Ada, Countess of Lovelace, anak dari Lord Byron. Babbage mula-mula bertemu ada di sebuah acara tanggal 6 Juni 1833. Sembilan tahun kemudian, Luigi Federico Manabrea (seorang insinyur dari Italia) menjelaskan cara kerja Analytical Engine. Karya ini kemudian diterjemahkan dan ditambahkan notes oleh Ada Lovelace di tahun 1843. Mulai dari saat itu orang mulai mengenal karya Charles Babbage.

Komputer, Charles babbage, elektronik
Namun sayang, hanya sedikit sisa peninggalan dari prototipe mesin Difference Engine, dikarenakan kebutuhan mesin tersebut melebihi teknologi yang tersedia pada zaman itu. Dan walaupun pekerjaan Babbage dihargai oleh berbagai institusi sains, Pemerintah Inggris menghentikan sementara pendanaan untuk Difference Engine pada tahun 1832, dan akhirnya dihentikan seluruhnya tahun 1842. Demikian pula dengan Difference Engine yang hanya terwujudkan dalam rencana dan desain.

Tahun 1828 sampai 1839, Babbage medapat gelar the Lucasian chair of mathematics (gelar professor matematika paling bergengsi di dunia) dari Universitas Cambridge. Selain mesin hitung, Babbage juga memberikan berbagai kontribusi lain. Diantaranya menciptakan sistem pos modern di Inggris, menyusun table asuransi pertama yang dapat diandalkan, menemukan locomotive cowcather (struktur berbentuk segitiga di bagian depan kereta api, yang mampu membersihkan rel dari gangguan) dan beberapa lainnya. Selain itu Babbage juga menyumbangkan ide-idenya di bidang ekonomi dan politik.

Charles Babbage juga seorang ahli cryptanalysis yang berhasil memecahkan vigenere cipher (polyalphabet cipher). Kepandaiannya ini sebetulnya sudah dimilikinya sejak tahun 1854, setelah dia berhasil mengalahkan tantangan Thwaites untuk memecahkan ciphernya. Akan tetapi penemuannya ini tidak dia terbitkan sehingga baru ketahuan di abad 20 ketika para ahli memeriksa notes-notes (tulisan, catatan) Babbage.

Dibalik seluruh keberhasilannya, kegagalan dalam pembuatan mesin perhitungan dan kegagalan bantuan pemerintah kepadanya, meninggalkan Babbage dalam kecewaan dan kesedihan di akhir masa hidupnya. Babbage meninggal di rumahnya di London pada tanggal 18 Oktober 1871

 John Vincent Atanasoff (Biografi)


Dalam setiap bidang ilmu pengetahuan, perlu ada seseorang dengan visi untuk menentukan masa depan. John Vincent Atanasoff adalah seorang jenius dengan visi seperti itu. Dia mengembangkan Komputer digital elektronik pertama yang telah secara dramatis mengubah kehidupan kita. John Vincent Atanasoff melahirkan bidang komputasi elektronik. Dengan demikian, ia juga melahirkan era baru, era komputer.

Saat ini, komputer merupakan bagian penting dari setiap orang serta setiap bisnis. Kita tidak bisa membayangkan hidup kita tanpa komputer terlibat. Menyalakan TV, membuat panggilan telepon, dan mengetik laporan semua melibatkan penggunaan komputer. Penemuan komputer berarti bahwa teknologi dapat meningkatkan pada tingkat yang lebih cepat dan hidup kita menjadi lebih nyaman dan lebih aman.Ambil contoh penggunaan komputer di mobil kami. Anti-lock brakes, kantong udara, dan suntikan bahan bakar semuanya dikontrol oleh komputer. Kemajuan ini membuat mobil lebih aman dan lebih dapat diandalkan. Komputer juga dapat ditemukan di bank, sekolah, pesawat terbang, bisnis, pesawat ulang-alik, satelit, dan berbagai hal lainnya. Dalam masyarakat hari ini, hampir semuanya melibatkan penggunaan komputer.


Usia elektronik adalah akibat langsung dari penemuan komputer. Tidak pernah sebelumnya dalam sejarah umat manusia telah ada sebuah penemuan yang tumbuh begitu cepat sebagai komputer memiliki. Dalam dua puluh tahun terakhir, kecepatan dan kekuatan komputer telah berkembang pada tingkat yang eksponensial.Ketika John Vincent Atanasoff menemukan komputer, ia mungkin tidak tahu seberapa besar dampak itu akan pada kehidupan masyarakat. Komputer akan terlibat dalam setiap aspek teknologi, dan akan terus menjadi bagian dari teknologi yang akan datang. Kemampuan komputer yang maju setiap hari. Segera, komputer akan menjadi lebih seperti otak manusia daripada mesin elektronik. Komputer akan membawa kita ke Mars, dan kita kembali dengan selamat. Komputer akan selalu berada di tepi teknologi dan siapapun yang belajar untuk memanfaatkan kekuatannya akan menjadi bagian penting dari masa depan. Setiap aspek kehidupan kita telah berubah karena pada komputer dan penemunya, John Vincent Atanasoff.Komputer elektronik pertama dengan tabung vakum dibangun oleh John Atanasoffen Clifford Berry dari Iowa State College. Komputer Atanasoff-Berry adalah komputer digital pertama, dibangun selama 1937-1942, dan memperkenalkan konsep aritmatika biner, memori regeneratif, dan sirkuit logika. Mesin ini tidak akan pernah mencapai tahap produksi dan tetap prototipe.


John Vincent Atanasoff adalah anak pertama John Atanasoff dan Iva Lucena Purdy. Pada usia yang sangat dini, John Vincent Atanasoff memiliki minat yang besar dalam matematika. Ketika John Vincent berusia sekitar sepuluh tahun, ia penasaran dalam aturan slide Dietzgen bahwa ayahnya telah membeli. John Vincent membaca petunjuk tentang cara menggunakan aturan slide, dan ia menjadi lebih tertarik pada prinsip-prinsip matematika dari aturan slide. Dengan bantuan ibunya, John Vincent mulai mempelajari buku aljabar perguruan milik ayahnya.


Dalam tahun-tahun berikutnya, keluarga John Vincent pindah ke Old Chicora, Florida. John Vincent belajar di Mulberry High School dan lulus dalam dua tahun. Ia menerima A adalah semua ilmu dan kursus matematika. John Vincent tidak masuk ke perguruan tinggi segera karena ia ingin bekerja dan menghemat uang. Pada tahun 1921 John Vincent memasuki University of Florida sebagai sarjana. John Vincent lulus dari University of Florida pada tahun 1925 dengan gelar Bachelor of Science di bidang teknik listrik dari. Ia menerima nilai A sebagai sarjana.


John Vincent Atanasoff kemudian pergi k
e Iowa State College untuk mengejar gelar master. Di Iowa State, John Vincent bertemu dengan calon istrinya, Lura Meeks. Pada saat itu, John Vincent tidak tahu bahwa dia adalah tiga tahun lebih tua darinya. John Vincent menerima gelar master dalam matematika dari Iowa State College pada tahun 1926. Dalam beberapa hari setelah menerima gelar, John Vincent dan Lura Meeks menikah.

Setelah menerima gelar master, John Vincent pergi ke University of Wisconsin untuk doktor dalam fisika teori. Pada tahun yang sama bahwa John Vincent diterima sebagai kandidat doktor, istrinya melahirkan putri tertua mereka, Elsie. Pada tahun 1930, John Vincent Atanasoff menerima gelar Ph.D. sebagai fisikawan teoritis dari University of Wisconsin. Dr Atanasoff kemudian kembali ke Iowa State College sebagai asisten profesor dalam matematika dan fisika pada tahun 1936.


Dr Atanasoff selalu tertarik untuk menemukan cara-cara baru untuk melakukan perhitungan matematika cepat. Dr Atanasoff diperiksa banyak perangkat komputasi yang ada pada saat itu. Ini termasuk kalkulator Monroe dan International Business Machines (IBM) tabulator. Dr Atanasoff menyimpulkan bahwa perangkat ini yang lambat dan tidak akurat.


Setelah dipromosikan menjadi mengasosiasikan guru besar matematika dan fisika, Dr Atanasoff mulai membayangkan sebuah perangkat komputasi yang "digital." Dia percaya bahwa perangkat analog yang terlalu ketat dan tidak bisa mendapatkan jenis akurasi yang ia inginkan. Gagasan membangun komputer digital elektronik datang padanya saat dia sedang duduk di sebuah kedai. Dr Atanasoff datang dengan empat prinsip untuk komputer digital elektronik nya.

        
Dia akan menggunakan listrik dan elektronik sebagai media untuk komputer.
        
Terlepas dari kebiasaan, ia akan menggunakan basis-dua nomor (sistem biner untuk komputer.
        
Dia akan menggunakan kondensator sebagai memory dan akan menggunakan regeneratif atau "joging" proses untuk menghindari penyimpangan yang mungkin disebabkan oleh kebocoran kekuasaan.
        
Dia akan menghitung dengan tindakan logis langsung dan bukan oleh pencacahan seperti yang digunakan dalam perangkat menghitung analog. (Mollenhoff, 34)


Seperti Dr Atanasoff bekerja pada proyek komputernya, ia meminta seorang rekan untuk merekomendasikan seorang mahasiswa pascasarjana untuk membantu dia dengan proyeknya. Para mahasiswa pascasarjana yang diperkenalkan kepadanya adalah Clifford Berry. Berry adalah insinyur listrik berbakat dan memiliki latar belakang yang sangat mirip seperti Dr Atanasoff lakukan. Mereka berdua bergaul segera.


Pada bulan Desember 1939, prototipe pertama dari Atanasoff Berry Computer (ABC) sudah siap. The ABC menunjukkan beberapa potensi komputer dan takjub Universitas. Jadi pada tahun 1939, Dr Atanasoff dan asistennya Clifford Berry dibangun Komputer digital elektronik pertama di dunia. Dengan prototipe pertama bekerja dengan baik, Dr Atanasoff ingin memperbaiki prototipe serta mendapatkan paten untuk Atanasoff Berry Computer. Mendapatkan paten adalah proses yang lambat yang pada akhirnya menyebabkan Dr Atanasoff pengakuan bahwa dia layak.


Pada tahun 1940 Dr Atanasoff menghadiri kuliah yang diberikan oleh Dr John W. Mauchly. Mereka berbicara selama beberapa waktu dan Dr Mauchly sangat tertarik dengan komputer digital elektronik Dr Atanasoff. Dr Mauchly ingin melihat ABC untuk dirinya sendiri dan Dr Atanasoff setuju. Keputusan ini oleh Dr Atanasoff akan menjadi suatu kesalahan sejak Dr Mauchly kemudian digunakan banyak gagasan Dr Atanasoff dalam desain ENIAC. ENIAC secara salah dianggap oleh kebanyakan orang sebagai Komputer digital elektronik pertama di dunia yang dirancang oleh Dr Mauchly dan Eckert Dr. Tuduhan pembajakan kemudian diajukan terhadap Dr Mauchly, co-penemu ENIAC. Sebuah uji coba panjang diikuti dan itu tidak sampai 1972 bahwa Dr Atanasoff diberikan pengakuan dia layak jadi. Hakim Distrik AS Earl R. Larson memutuskan bahwa ENIAC itu "berasal" dari ide-ide Dr Atanasoff. Meskipun Hakim Larson tidak secara eksplisit mengatakan bahwa Dr Mauchly "mencuri" ide-ide Dr Atanasoff, Hakim Larson memang mengatakan bahwa Dr Mauchly telah menggunakan banyak gagasan Dr Atanasoff pada ABC untuk merancang ENIAC. Ketika sidang akhirnya berakhir, Dr Atanasoff diberi kredit sebagai penemu komputer digital elektronik.


Clark Mollenhoff dalam bukunya, Atanasoff, Forgotten Bapak Komputer, rincian desain dan konstruksi dari Komputer Atanasoff-Berry dengan penekanan pada hubungan dari individu-individu. Alice dan Arthur Burks dalam buku mereka, The First Komputer Elektronik: The Atanasoff Story, menggambarkan desain dan konstruksi dari ABC dan memberikan perspektif yang lebih teknis. Sejumlah artikel memberikan informasi tambahan. Dalam pengakuan prestasi nya, Atanasoff dianugerahi National Medal of Technology oleh Presiden George Bush di White house pada tanggal 13 November 1990.


Dr John Vincent Atanasoff meninggal 15 Juni 1995 dari stroke di rumahnya di Monrovia, Md Dia berumur 91 tahun. Meskipun Dr Atanasoff tidak bisa mendapatkan paten untuk ABC, ia memegang 32 paten untuk penemuan yang lain.


Pada tahun 1973 paten ENIAC tidak valid, kredit John Vincent Atanasoff [b. Hamilton, New York, 4 Oktober 1903, d. Pasar Baru, Maryland, 15 Juni 1995] sebagai pencetus dari komputer modern.


Alan Turing
Pada tahun 1943 selama perang dunia ke 2 ilmuwan inggris itu mendesain komputer elektronik khusus tentara inggris. Digunakan untuk menembus kode pertahanan German.

Howar Hathaway Aiken American
Pada tahun 1944 membuat mark I. sebuah komputer hitung digital pertama yang dibuat. memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton, Mark I dapat digunakan untunk menghitung probabilitas.

Dr. John von Neumann pada tahun 1945 menulis konsep penyimpanan data. saat itu masih berupa ide.

Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr
Pada tahun 1946 menyelesaikan komputer skala besar yang pertama, diberi nama ENIAC(Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia mengetahui kedua orang ini sebagai PENEMU KOMPUTER. ENIAC berbobot 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung  transistor ukuran besar, memiliki luas 30 kaki x 50 kaki, memakai tenanga 160.000 watt. Pertama kali komputer itu dinyalakan, seluruh jaringan listrik Philadelphia mendadak mati.

ENIAC tidak hanya dapat menghitung tambah kurang kali dan bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana. Dibanding Mark I yang hanya dapat menghitung probabilitas, dapat dilihat bahwa ENIAC adalah KOMPUTER pertama didunia.

William Shockley, John Bardeen, dan Walter Bratain, pada tahun 1947 Transitor pertama ditemukan mereka. semenjak transistor ditemukan, ukuran komputer semakin mengecil.

Dari sejarah diatas maka dapat disimpulkan bahwa penemu KOMPUTER (bukan kalkulator) adalah "Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. Semoga Bermanfaat Daftar Nama-Nama Penemu di Dunia Ilmuwan Penemu Komputer

Tidak ada komentar :

Posting Komentar